Rabu, 12 November 2025

KISI-KISI ASAS GANJIL XII AK PKWU 2025 SMKN 50 JAKARTA

 

 

MATA PELAJARAN : PROJECT KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK)

KELAS/SEMESTER  : XII / GANJIL

SOAL                          : PAKET A (UTAMA)

 

1.   Sebuah perusahaan di bidang kerajinan, berencana memproduksi 100 karya kerajinan untuk memenuhi pesanan dari beberapa toko. Perusahaan memiliki beberapa pilihan metode produksi, yaitu:

      Metode tradisional: menggunakan tenaga kerja manual dengan waktu produksi lebih lama.

      Metode semiotomatis: menggunakan beberapa mesin sederhana untuk membantu proses produksi.

      Metode otomatis: menggunakan mesin- mesin canggih yang bekerja secara otomatis.

Jika perusahaan memilih metode otomatis, maka pengaruh terhadap output perencanaan produksinya yaitu ….

A.      Waktu produksi akan lebih lama, biaya produksi akan lebih rendah

B.       Waktu produksi akan lebih singkat, biaya produksi akan lebih tinggi

C.       Waktu produksi akan lebih singkat, biaya produksi akan lebih rendah

D.      Waktu produksi akan lebih lama, biaya produksi akan lebih tinggi

E.       Tidak ada pengaruhnya terhadap waktu dan biaya produksi

2.   Sebuah perusahaan manufaktur memperkirakan permintaan untuk produknya akan mingkat 20% pada kuartal berikutnya. Mereka perlu merencanakan penambahan mesin, tenaga kerja, dan bahan baku untuk memenuhi permintaan tersebut. Ilustrasi tersebut termasuk ke dalam perencanaan produksi jenis …

A.      Sementara

B.       Jangka pendek

C.       Kapasitas

D.      Jangka Panjang

E.       Jangka menengah

 

3.   Penjualan smartphone dalam sebuah negara jika dilihat dalam priode lima tahun terakhir menunjukkan instensitas yang cukup tinggi pada bulan Januari hingga Maret. Hasil analisis tersebut disebabkan beberapa negara menerapkan proses belajar mengajar yang dimulai pada awal tahun baru. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan IT bisa menerapkan jenis produksi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Diantara pilihan berikut, yang kurang cocok untuk diterapkan dalam kondisi tersebut adalah …

A.      Proses produksi secara terputus-putus

B.      Proses produksi secara terus menerus

C.       Proses produksi secara berulang-ulang

D.      Proses produksi campuran

E.       Proses produksi bergantian

4.    Bacalah teks di atas yang pernyataan yang benar sesuai dengan teks di atas adalah …

A.      Perusahaan tidak menyelenggarakan pelatihan regular untuk meningkatkan keterampilan operator

B.       Target produksi pershiftnya adalah 35kg.

C.       Nilai OEE sudah mencapai standar World Class Manufacturing

D.      TAEDD merupakan metode yang diguanakan oleh PT Pupuk Milenial untuk evaluasi dan proses produksi

E.       Downtime yang menyebabkan PT Pupuk Milenial harus melakukan efisiensi produksi

5.   Sebuah perusahaan mainan anak-anak, “Kreasi Ceria”, berencana meluncurkan produk baru berupa puzzle edukatif. Perusahaan ingin memastikan produk ini dapat diproduksi secara efisien dan memenuhi permintaan pasar. Mereka memiliki beberapa sumber daya terbatas, seperti mesin produksi, tenaga kerja, dan bahan baku. Dalam setiap perusahaan dapat dipastikan terdapat sebuah berkas, dokumen, atau file yang memuat rencana produksi. Pada dasarnya, data yang ada di berkas ini sangat penting karena memuat cetak biru aktivitas produksi yang dilakukan.Berikut yang bukan fungsi rencana produksi adalah ....

A.  menjadi tolok ukur performansi proses perencanaan produksi yang dilakukan

B.  menjamin kemampuan produksi konsisten pada rencana yang disusun sebelumnya

C.  menyelesaikan perselisihan antarkaryawan

D.  mengarahkan penyusunan dan pelaksanaan jadwal induk

E.  melakukan monitoring hasil produksi aktual pada rencana yang telah dibuat

6.   Proses produksi yang pelaksanaanya lebih mengutamakan proses penggabungan dari komponen-komponen produk dalam yang bersangkutan atau membeli komponen produk yang dibeli dari perusahaan lain, disebut proses produksi …

A. kimiawi     

B. transportasi

C. assembling

D. perubahan bentuk  

E. penciptaan jasa administrasi

7.   Rasa puas timbul setelah pelayanan yang diberikan mampu mencapai atau bahkan melebihi ekspektasi yang dimiliki pelanggan, Oleh karena itu seberapa baik produk yang dihasilkan dari upaya pengembangan dan dapat memuaskan pelanggan termasuk faktor…

A.  biaya produk

B.  kualitas produk

C.  waktu pengembangan produk

D.  biaya pengembangan produk

E.  kapabilitas produk

8.   Rudi adalah seorang pengusaha catering makanan yang mengantarkan pesanan makan siang pada beberapa kantor di Area Jakarta. Dalam pengemasan, sebaiknya Rudi menggunakan bahan tahan panas karena …

A.      Meningkatkan rasa makanan

B.       Mempercepat proses produksi

C.       Memungkinkan sterilisasi produk untuk memperpanjang umur simpan

D.      Mengurangi biaya produksi

E.       Menjaga posisi makanan agar tidak tercampur

9.   Alasan yang tepat sebagai pertimbangan pemilihan bahan kemasan dalam desain kemasan produk adalah …

A.      Untuk menentukan harga jual produk

B.      Untuk menjamin keamanan dan Kesehatan produk terkait bahan yang digunakan

C.       Hanya utuk memenuhi regulasi pemerintah

D.      Untuk memudahkan proses distribusi produk

E.       Hanya untuk estetika dan keindahan produk

10. Pada suatu perusahaan teknologi informasi, tim pengembangan sedang merancang kemasan untuk produk terbarunya, yaitu smartphone canggih dengan fitur keamanaan Tingkat tinggi. Desain kemasan yang paling sesuai untuk menarik minat konsumen dan menonjolkan fitur-fitur keamanaan tersebut adalah …

A.    Kemasan dengan desain minimalis dan warna-warna cerah untuk menarik perhatian

B.    Kemasan yang dilengkapi dengan gambar-gambar karakter fiksi untuk menarik perhatian anak-anak

C.    Kemasan yang menampilkan grafik dan diagram yang menjelaskan teknologi yang digunakan

D.   Kemasan yang menggunakan bahan-bahan ramah lungkungan untuk mendukung citra perusahaan yang peduli lingkungan

E.    Kemasan dengan desain yang tidak terkait dengan produk atau keamanan, seperti pola abstrak atau gambar alam, yang mungkin tidak langsung menarik perhatian terhadap fitur-fitur keamanan produk

 

 

 

 

11.

Manfaat penggunaan label pada gambar kemasan di atas bagi konsumen adalah …

A.      Penggunaan label kemasan tidak mempengaruhi presepsi konsumen terhadap kualitas atau keamanan produk

B.      Memberikan informasi yang jelas mengenai produk tersebut

C.       Daya Tarik konsumen untuk membeli produk tersebut

D.      Memberikan rasa aman dan percaya

E.       Menentukan kelas sebuah produk

12. Produksi akan dimulai pada tanggal 1 Juli 2025 dan prosesnya akan dilakukan setiap hari. Proses tersebut diawali dengan pengecekan bahan baku dan alat, kemudian melakukan eksekusi proses produksi yang diperlukan.

Pernyataan tersebut merupakan tahap produksi, yaitu ....

A. scheduling

B.  routing

C.  planning

D. dispatching

E.   follow up

13. CV Berdikari menerapkan sistem pemasaran di mana seluruh rantai distribusi mulai dari produsen, grosir, hingga pengecer bekerja sama sebagai satu kesatuan yang terkoordinasi. Karakteristik dari sistem pemasaran yang diterapkan CV Berdikari adalah ....

A. memerlukan upaya periklanan yang lebih besar

B. sering digunakan dalam pasar yang lebih besar

C. memerlukan pembelian pelanggan yang berorientasi pada detail

D. berkolaborasi dengan bisnis lain untuk menjangkau pasar

E. fokus pada demografi pasar yang spesifik

14. Dibawah ini yang termasuk contoh dari nondurable goods adalah ….

A. tas

B. kertas HVS

C. sepatu

D. laptop

E. handphone

15. Tina merupakan salah satu pengusaha seblak di salah satu daerahnya. Tina memilih produk seblak karena melihat peluang seblak yang akhir-akhir ini banyak digemari konsumen, terutama para remaja. Banyaknya pembeli membuat tempat yang disediakan oleh Tina penuh, sehingga banyak pelanggan yang memilih pesanan take away. Banyaknya pesanan take away membuat Tina memilih pengemasan styrofoam untuk menjaga kualitas seblak.

Alasan Tina memilih styrofoam sebagai kemasan untuk pesanan take away adalah ....

A.    untuk memenuhi permintaan para pelanggan

B.    penggunaan kemasan styrofoam memudahkan pelanggan membuangnya

C.    memudahkan dalam pendistribusian barang dan meningkatkan efisiensi

D.    kemasan styrofoam populer karena ringan, murah, dan memiliki insulasi termal yang baik sehingga cocok untuk makanan panas atau dingin

E.    kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan dari kemasan styrofoam dapat menjadi media promosi

16. Produk Laptop, termasuk dalam pengelompokkan konsumen dari ….

A.    Convenience goods

B.    Industrial’s goods

C.    Shooping goods

D.    Specialty goods

E.    Unsought goods

17. Promosi merupakan suatu kegiatan yang bersifat sementara guna untuk meningkatkan angka permintaan dan penjualan produk. Adapun promosi yang biasanya dilakukan dalam periode waktu tertentu adalah penyediaan flash sale, kupon, hadiah gratis, diskon musiman, dan lain sebagainya. Berikut ini yang bukan bentuk-bentuk promosi adalah ….

A.    Story telling

B.    Advertensi

C.    Personal selling

D.    Sales promotion

E.    Publicity

18. Seorang siswa mempunyai hobi membuat makanan ringan. Kemudian dia mencoba untuk menjualnya di kelas, ternyata banyak teman yang menyukai produk yang dibuatnya.  siswa tersebut berusaha mengembangkan promosi produk makanan untuk layak jual. Promosi apa yang sebaiknya digunakan untuk memperluas penjualan tersebut…

A. penjualan langsung

B.  penjualan online

C.  penjualan door to door

D. penjualan pesanan

E.  penjualan face to face

19.Pesan mengenai produk yang disampaikan melalui media televisi akan diwujudkan dalam bentuk ....

  1. Audio
  2. Audio dan visual
  3. Visual
  4. Gambar bergerak
  5. Non audio dan visual

 

      20. Perhatikan matrik berikut ini!

A

B

C

1.  personal seeling

2.  poster

3.  billboard

1. sales promotion

2. banner

3.  sampel

1. pameran

2. publicity

3. majalah

 

Dari matrik diatas yang termasuk dalam bentuk promosi media cetak adalah…

A.     A1, B1 dan C1

B.     A1, B2 dan C2

C.     A1, B2 dan C3

D.     A2, B2 dan C3

E.      A3, B3 dan C3

21. Pak Wawan adalah seorang wirausahawan yang bergerak di bidang jual beli aksesoris komputer. Setelah dilakukan pencatatan gudang, diketahui  stok aksesoris komputernya yang pembelian di tahun lalu masih tersisa, sedangkan aksesoris tersebut modelnya sudah tidak begitu diminati oleh calon konsumen. Maka yang dilakukan oleh Pak Wawan  untuk merangsang permintaan adalah…..

A.     menyebarkan iklan

B.     memberi diskon

C.     menutup kantornya

D.     membagikannya kepada tetangga

E.      menyuruh temannya membeil aksesoris komputer

22. Komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba membelinya, disebut ....

A.     Advertensi

B.     Publisitas

C.     Personal Selling

D.     Sponsor Acara

E.      Media Promosi

23. Dibawah ini jenis-jenis media promosi;

1.   Instagram

2.   Katalog

3.   WhatApp

4.   Brosur

Yang termasuk ke dalam media online adalah ….

A.     1 dan 2

B.     1 dan 3

C.     2 dan 3

D.     2 dan 4

E.      3 dan 4

24. Media promosi adalah ….

A.     sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dikenal masyarajat luas

B.     upaya untuk memberitahu atau menawarkan produk/jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membelinya

C.     suatu tindakan membagi pasar menjadi segmen tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai marketing mix

D.     informasi yang diberikan kepada masyarakat baik menyangkut sebuah citra, produk, dan manajemen dari sebuah perusahaa

E.      prose meyakinkan kepada onsumen atau calon konsumen bahwa memiliki produk tersebut adalah suatu proses yang tepat

25. Sebuah produsen mie instan menjadi sponsor utama dalam perlombaan Band antar SMK di DKI Jakarta, yang nantinya akan diikuti dan dihadiri oleh para remaja. Pada saat perlombaan berlangsung produsen mie instan akan melakukan promosi produk terbarunya kepada para remaja  yang merupakan target pasarnya. Hal ini dilakukan dengan harapan para remaja yang datang akan mengetahui produknya dan menjadi konsumennya. Maka kegiatan promosi tersebut termasuk dalam pemasaran ….

A.     modern

B.     offline

C.     online

D.     perencanaan bisnis

E.      semi modern

26. Segmentasi pasar adalah proses memecah kelompok heterogen dari calon konsumen menjadi kelompok homogen (lebih kecil). Perlu diketahui bahwa segmentasi ini harus dilakukan sebelum menentukan target pasar. Analisis situasi secara cermat harus dilakukan sebelum menentukan target pasar. Segmentasi pasar yang dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan termasuk segmentasi pasar ....

  1. situasi penggunaan
  2. psikografi
  3. demografi
  4. sociocultural
  5. hybrid

27. Ibu Diandra pemilik salon, membutuhkan beberapa pakaian matenan dari  Jawa Timur sehingga membelinya ke Surabaya. Dari contoh tersebut ibu Diandra merupakan konsumen yang segmentasi pasar berdasarkan ….

A.     geografi                               

B.     keuntungan              

C.     social-budaya

D.     demografi                            

E.      situasi penggunaan

28. Dibawah ini merupakan segmentasi pasar berdasarkan geografis, yaitu ….

A.     keuntungan yang diinginkan

B.     negara, kota, dan desa

C.     sikap dan reaksi pembelia

D.     social dan budaya

E.      status social seseorang

29. Manfaat segmentasi pasar adalah ….

A.     menaikkan penjualan serta laba/keuntungan          

B.     memotivasi konsumen agar membeli suatu produk

C.     mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen

D.      mengajak konsumen untuk mendatangi toko tempat penjualan produk

E.      merencanakan produk dengan baik yang dapat memenuhi permintaan pasar

30. Teori yang berkaitan dengan segmentasi pasar adalah ….

A.     4P                             

B.     STP                                      

C.     7M                           

D.     SWOT

E.      5W + 1 H

31. Yang tidak termasuk dalam kelebihan media social sebagai sarana promosi online/daring adalah ….

A.     lebih dekat dan akrab dengan konsumen

B.     bisa langsung diakses oleh konsumen mengenai produk knowledge-nya

C.     mengurangi biaya iklan/promosi karena menggunakan jaringan jejaring social

D.     bisa dipublish kapan saja, bila ada produk baru dan promo harga atau yang lainnya

E.      membutuhkan waktu yang relatif lama dimulai dari perkenalan hingga terjadinya transaksi pembelian

32. Rini ingin membuka usaha coffee shop di teras sebuah taman ibu kota. Selain menyiapkan modal, dia juga harus mengetahui para pesaing yang ada di sekitarnya. Supaya usahanya berjalan sukses Rini harus memperhatikan ….

A.     strategi bersaing

B.     segmen pasar

C.     perkembangan teknologi

D.     perencanaan platform produk

E.      evaluasi peluang produk baru

33. Strategi pemasaran adalah rencana meyeluruh, terpadu, dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan pedoman tentang kegiatan yang akan dilakukan dalam mencapai tujuan perusahaan melalui periklanan, program promosi, penjualan, program produk, dan pendistribusian. Inti dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah ….

A.    Bauran pemasaran

B.    Telemarketing

C.    Segementting

D.    Targeting

E.    Positioning

34. Yang tidak masuk ke dalam marketing mix (4P) di bawah ini antara lain..

A.     product

B.     place

C.     people

D.     promotion

E.      price

35. Pada dasarnya setiap perusahaan perlu melakukan peramalan permintaan (demand forcasting), karena setiap keputusan yang diambil saat ini (yang berkaitan dengan kegiatan produksi) akan mempengaruhi keadaan perusahaan di masa yang akan datang. Inti dari rencana pemasaran adalah …

A.    Tujuan pemasaran

B.    Manfaat pemasaran

C.    Strategi pemasaran

D.    Program kegiatan

E.    Anggaran

36. Dibawah ini yang bukan termasuk dalam  yang digunakan media online marketing adalah

A.     email

B.     surat rekening bank

C.     notifikasi sms

D.     telemarketing

E.      media sosial

37.  Perusahaan Pak Dadang bergerak di bidang tekstil yang memiliki beberapa gedung produksi yang masih aktif sampai sekarang. Pada akhir periode terdapat laporan biaya penyusutan gedung karena gedung sudah dibangun dan beroperasi sejak lama.Berdasarkan ilustrasi tersebut, pernyataan berikut yang tepat adalah ....

  1. biaya tenaga kerja langsung dan biaya penyusutan memiliki perlakuan sama
  2. biaya penyusutan gedung termasuk biaya overhead pabrik
  3. biaya bahan baku merupakan bagian dari biaya penyusutan
  4. biaya penyusutan gedung tidak berkaitan sama sekali dengan produksi
  5. biaya tetap dalam produksi meliputi biaya penyusutan gedung

38. Sebuah perusahaan pada bulan Juni akan melakukan produksi tas sebanyak 3.000 unit. Perusahaan perlu melakukan perencanaan produksi dengan baik agar tidak terjadi kesalahan fatal. Salah satu perencanaan yang dilakukan pemimpin perusahaan adalah membuat perencanaan biaya pembelian bahan baku.Penghitungan biaya pembelian bahan baku dilakukan dengan tujuan ....

  1. untuk menghabiskan anggaran yang telah dibuat
  2. menentukan jumlah bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi dalam periode tertentu, baik secara kuantitas maupun jenisnya
  3. menentukan harga jual yang kompetitif dan tetap menguntungkan
  4. perusahaan dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dalam proses produksi
  5. membantu manajemen dalam membuat keputusan bisnis yang tepat

39. PT Gizi mendapat pesanan keripik singkong sebanyak 5.000 bungkus dengan rincian biaya tenaga kerja langsung sebesar Rp15.000.000; biaya bahan baku sebesar Rp25.000.000,00; dan biaya listrik sebesar Rp7.000.000,00. Besarnya biaya produksi per bungkus yang dikeluarkan PT Gizi adalah ....

  1. Rp12.000,00
  2. Rp11.400,00
  3. Rp47.000,00
  4. Rp9.400,00
  5. Rp10.000,00

40. Quality Assurance (QA) adalah sebuah proses atau fungsi dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Menerapkan quality assurance memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan, mulai dari peningkatan kualitas produk dan layanan, hingga peningkatan kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis.Berdasarkan informasi di atas, peran penting menerapkan quality assurance bagi perusahaan adalah ….

  1. risiko cacat produk, penundaan produksi, atau keluhan pelanggan dapat diminimalkan
  2. masalah kualitas dapat diidentifikasi dan diatasi sejak dini, sebelum produk atau layanan mencapai pelanggan
  3. membantu dalam menciptakan produk yang lebih andal, tahan lama, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan
  4. reputasi yang baik dapat menarik pelanggan baru, meningkatkan kepercayaan investor, dan memperkuat posisi perusahaan di pasar
  5. pelanggan yang puas cenderung menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain

41. Ratna merupakan seorang pengusaha di bidang makanan beku. Akhir-akhir ini ia mendapatkan komplain dari pelanggan terkait kualitas produknya yang mudah basi. Setelah dilakukan evaluasi, ternyata pelanggan tersebut tidak mengetahui cara penyimpanan produk makanan beku dengan baik.Tindakan yang harus dilakukan Ratna dalam menyikapi komplain dari pelanggan terkait produk yang mudah basi adalah ….

  1. Ratna mengganti bahan baku dan mengubah metode produksi
  2. Ratna mengganti produk yang basi dengan produk baru
  3. Ratna menambahkan panduan cara pengolahan dan penyimpanan produk makanan beku dengan benar pada kemasan produk
  4. Ratna menambahkan pengawet pada produk makanan beku agar tidak mudah basi dan tahan lebih lama
  5. Ratna melakukan uji coba mikrobiologis dan kimia yang diambil dari sampel produk yang sudah basi dari pelanggan yang komplain

 

42. Perhatikan gambar berikut!

Amanda merupakan seorang pengusaha salad sayur yang berlokasi di pinggir jalan dengan memanfaatkan peralatan sederhana dan praktis. Untuk menunjang promosi salad sayurnya,

                                                 Amanda menggunakan          stand banner seperti

gambar di samping. Kelebihan stand banner      yang dipilih Amanda sebagai media promosi, yaitu

  1. meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap suatu merek atau perusahaan
  2. daya tarik visual yang kuat, serta fleksibilitas dalam desain dan penempatan
  3. desain yang ringan dan mudah dibawa ke mana saja karena mudah dirakit dan disimpan
  4. memungkinkan penjelasan produk atau layanan secara lebih rinci, termasuk fitur, manfaat, dan cara kontak
  5. biaya yang relatif terjangkau, sehingga mudah diterima oleh target pasar

43. Dalam dunia bisnis, memahami apa yang dilakukan oleh pesaing sangat penting. Riset pemasaran dapat membantu perusahan mengidentifikasi siapa pesaing mereka, jenis produk yang ditawarkan dan strategi yang digunakan. Riset pemasaran harus dilakukan secara berkelanjutan agar dapat bersaing di pasaran. Penjelasan yang tepat mengenai manfaat riset pemasaran untuk mengukur reputasi, yaitu ....

  1. perusahaan akan mengetahui semua informasi yang ada di pasar
  2. perusahaan dapat mengetahui seberapa besar kemungkinan suatu produk sukses dalam pasar tersebut
  3. perusahaan akan mendapatkan informasi mengenai calon pelanggan
  4. perusahaan dapat berekspektasi pada respons dari para pelanggan produk yang akan diproduksi sebelum meluncurkan produk baru tersebut
  5. perusahaan akan mengetahui posisinya sebagai pesaing sehingga perusahaan dapat membangun persepsi kepada para pesaing dan para pelanggannya

44. Dari pernyataan berikut. pengaruh pedagang besar pada saluran distribusi dalam efisiensi operasional adalah ....

  1. Membantu merampingkan proses distribusi dengan menjadi perantara antara produsen dan pengecer
  2. perusahaan dapat menjangkau pasar yang mungkin sulit dijangkau secara langsung, seperti daerah terpencil atau pasar khusus
  3. mengelola proses penyimpanan, pengemasan dan pengiriman, serta mengurangi beban operasional perusahaan
  4. mengurangi risiko penumpukan stok, kerusakan produk, atau kedaluwarsa, terutama untuk produk yang memiliki masa simpan terbatas
  5. pedagang besar mendapatkan harga yang lebih baik dari produsen, yang dapat diteruskan kepada pengecer dan konsumen, mengurangi biaya distribusi secara keseluruhan

45. Siswa sekolah menengah saat kelas XI diberi kebebasan oleh sekolah untuk membuat kaus olahraganya masing-masing. Tujuannya agar setiap kelas dapat membuat kenangannya masing-masing saat di sekolah. Konveksi Kreatif merupakan salah satu perusahaan yang menerima pesanan dari anak-anak tersebut. Konveksi Kreatif mengerjakan pesanan sebanyak 50 setel kaus olahraga. Adapun rincian biaya yang dikeluarkan oleh konveksi tersebut untuk membuat kaus sebagai berikut.

Bahan baku                                           Rp1.200.000,00

Bahan penolong                                               Rp    200.000,00

Tenaga kerja langsung                           Rp1.150.000,00

Biaya overhead pabrik                                     Rp    250.000,00

Berdasarkan data tersebut, maka harga pokok produksi per setelnya adalah ....

A.    Rp 70.000,00

B.    Rp68.000,00

C.    Rp59.000,00

D.    Rp56.000,00

E.    Rp65.000,00

46. Kelangsungan sebuah usaha selain ditentukan oleh pemasarannya yang baik, juga harus dapat memberikan harga yang bersaing dengan produk serupa dari pihak kompetitor. Untuk menentukan harganya, maka perusahaan harus menghitung berbagai pengeluaran yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah produk. Hal tersebut juga dilakukan oleh PT Tunggal. Perusahaan tersebut memproduksi barang X dengan biaya tetap Rp9.975.000,00 dan biaya variabel Rp500.000,00 per unit. Jika jumlah yang diproduksi 70 unit, maka harga yang harus ditetapkan untuk mencapai BEP adalah ....

  1. Rp 624.500,00
  2. Rp642.500,00
  3. Rp650.000,00
  4. Rp650.500,00
  5. Rp660.000,00

47. Surya membuka usaha fotokopi, karena itu ia membeli mesin fotokopi seharga Rp15.000.000,00 dengan cara membayar tunai Rp10.000.000,00 dan sisanya dibayar 2 bulan kemudian. Pengaruh transaksi di atas terhadap persamaan akuntansi adalah ....

  1. modal              (+)       Rp15.000.000,00,   kas (-)  Rp10.000.000,00,  dan  utang  (+) Rp5.000.000,00
  2. peralatan (+) Rp15.000.000,00, modal (+) Rp10.000.000,00, dan utang (+) Rp5.000.000,00
  3. kas (-) Rp10.000.000,00, peralatan (+) Rp15.000.000,00, dan utang (+) Rp5.000.000,00
  4. peralatan (+) Rp15.000.000,00, utang (+) Rp10.000.000,00, dan modal (+) Rp5.000.000,00
  5. modal (-) Rp15.000.000,00, peralatan (+) Rp10.000.000,00, dan utang (+) Rp5.000.000,00

48. PT Maju Mundur adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi sepatu olahraga. Pada tahun 2024, perusahaan tersebut melakukan investasi sebesar Rp500.000.000,00 untuk membeli mesin baru. Setelah satu tahun beroperasi, mesin baru tersebut menghasilkan pendapatan tambahan sebesar Rp150.000.000,00. Biaya operasional terkait mesin baru (termasuk biaya perawatan dan tenaga kerja) adalah Rp50.000.000,00. Berdasarkan informasi tersebut, ROI (Return on Investment) dari investasi mesin baru PT Maju Mundur adalah ....

  1. 10%
  2. 20%
  3. 30%
  4. 40%
  5. 50%

49. Bu Susi melihat peluang usaha di bidang kecantikan. Hal ini dikarenakan banyaknya remaja dan orang tua yang sangat peduli dengan penampilannya. Oleh karena itu, Bu Susi membuka usaha salon kecantikan. Pada awal berjalannya usaha “Salon Cantik” tersebut, Bu Susi membeli perlengkapan dengan tunai seharga Rp1.000.000,00. Pengaruh transaksi tersebut dalam persamaan akuntansi adalah ....

  1. harta bertambah berupa perlengkapan, utang bertambah berupa utang usaha
  2. harta bertambah berupa perlengkapan, modal bertambah berupa kas
  3. harta bertambah berupa perlengkapan, harta berkurang berupa kas
  4. harta bertambah berupa kas, harta berkurang berupa perlengkapan
  5. harta berkurang berupa kas, modal berkurang berupa uang

50. Pak Jaja merupakan seorang pengusaha di bidang tekstil. Ia melihat peluang usahanya cukup besar pada saat hari raya dan juga pada tahun ajaran baru. Sebagai seorang pengusaha tekstil, tentu saja tahun ajaran baru tidak akan disia-siakannya untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari banyaknya permintaan terhadap kain ataupun seragam sekolah. Pada saat tahun ajaran 2025/2026, Pak Jaja mengerjakan pesanan 120 setel seragam sekolah.

Adapun biaya-biaya yang diperlukan, sebagai berikut.

Bahan baku                                           Rp1.750.000,00

Bahan penolong                                    Rp 230.000,00

Tenaga kerja langsung                           Rp1.800.000,00

Biaya overhead pabrik                           Rp  300.000,00

Berdasarkan data keuangan yang dimiliki Pak Jaja tersebut, maka harga pokok untuk 1 setel seragam sekolah adalah ....

  1. Rp40.800,00
  2. Rp40.000,00
  3. Rp38.000,00
  4. Rp34.000,00
  5. Rp32.800,00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar